Friday 18 April 2014

HIDUP ITU......

Hidup itu apa sih? Itu pertanyaan yang selama ini aku cari jawabannya? Hidup bahagia tanpa ada rasa kekurangan, bekecukupan, kaya raya?? Atau Hidup itu sesuatu yang membuat kita bahagia tanpa pernah mengenal rasa kecewa?

Ribuan orang mencari makna hidup mencari kebahagiaan hidup agar mereka dapat merasakan arti hidup itu sendiri. Ada yang mencari harta agar melimpah dan tidak kekurangan sebenarnya takut miskin takut melarat, takut ga dipandang orang lain sebagai sesosok manusia sempurna, Ada yang operasi plastik agar indah dipandang dan mendapat pujian dan dengan itupun mereka merasa bahagia dan merasakan "LIVE IS PERFECT", ada juga yang menjadi sesosok manusia ambisius yang pantang ditolak pantang gagal tapi sebenarnya mereka tidak tahu titik kelemahan dan kekurangan mereka sendiri sehingga menghalalkan apapun demi mendapat sebuah pengakuan.

Hmmmm.... hidup itu keras man!!Bagi orang liberal ketika diajukan pertanyaan:
"Berbagai macam ajaran mengenai hakekat hidup dan tujuan hidup telah berkembang. Masing-masing berbeda tentang pengertian dan tujuan hidup. Hanya Al Qur’an lah yang dapat menjelaskan arti dan tujuan hidup manusia secukupnya sehingga dapat dipahami oleh setiap individu yang membutuhkannya."
mereka menjawab "Kaga salah tuh.......kalau bicara mohon hati2 :) Tidak ada yang istimewa dari ajaran islam, suatu cacat tidak akan bisa menjelaskan suatu hal secara sempurna apalagi masalah hidup :) Bicara Allah saja anda hanya bisa bilang muslim kaga boleh nanya apa2 :)"
Lalu ditanya: "Allah itu Pencipta tiap sesuatu dan DIA menjaga tiap sesuatu itu. (QS 39/62)."
Mereka jawab: "Bohong dan tidak konsisten. Salah satunya Quran mengatakan bahwa Zabur dan Injil juga merupakan Firman Allah (asli awalnya), namun tuduhan muslim selanjutnya Injil yang sama Firman Allah seperti Quran dituduh dipalsukan tanpa bisa memberikan bukti mana aslinya :) Bahkan terbukti allah islam tidak bisa menjaga firmannya sendiri. Dasar allah islam plin plan!"
"Arti Hidup KINI Al Qur’an memberikan ajaran tentang arti hidup bahwa hendaklah menghubungkan dirinya secara langsung kepada Allah dengan cara melaksanakan hukum-hukum tertulis dalam al quran, dan menghubungkan dirinya pada masyarakat sesamanya dalam melaksanakan tugas amar makhruf nahi munkar."
"Hanya untuk sesama muslim :) tidak belaku untuk orang lain di luar islam :)"
 
Lalu apa arti hidup bagi mereka kalau begitu??
kehidupan ini adalah sebuah kesempatan yang sangat berharga untuk kita. Jangan sampai kita sia-siakan kehidupan di dunia ini untuk sesuatu yang tidak jelas dan akan sirna. Kenikmatan dunia ini pun kalau mau kita pikirkan dengan baik, maka tidaklah lama. Sebentar saja, bukankah demikian? Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Seolah-olah tatkala melihat hari kiamat itu, mereka tidaklah hidup (di dunia) kecuali hanya sesaat saja di waktu siang atau sesaat di waktu dhuha.” (QS. an-Nazi’at: 46)
Lalu apa yang harus kita lakukan di dunia ini? Sebuah pertanyaan menarik. Sebuah pertanyaan yang akan kita temukan jawabannya di dalam al-Qur’an. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. adz-Dzariyat: 56). Jangan salah paham dulu… Jangan dikira bahwa itu artinya setiap detik kita harus berada di masjid, atau setiap detik kita harus membaca al-Qur’an, atau setiap hari kita harus berpuasa, sama sekali bukan demikian… Ibadah, mencakup segala ucapan dan perbuatan yang dicintai oleh Allah. Allah tidak menghendaki kita setiap detik berada di masjid. Allah juga tidak menghendaki kita setiap detik membaca al-Qur’an. Semua ibadah itu ada waktunya. Yang terpenting bagi kita adalah melakukan apa yang Allah cintai bagaimana pun keadaan kita dan di mana pun kita berada.

“Dunia ini ibarat bayangan: kejar dia dan engkau tak akan pernah bisa menangkapnya; balikkan badanmu darinya dan dia tak punya pilihan lain kecuali mengikutimu.” – Ibnu al-Qayyim

“Kehilangan waktu itu lebih sulit daripada kematian, karena kehilangan waktu membuatmu jauh dari Allah dan Hari Akhir, sementara kematian membuatmu jauh dari kehidupan dunia dan penghuninya saja.” – Ibnu al-Qayyim

“Dunia ini hanya terdiri atas tiga hari: Kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Besok, engkau mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kau punya, jadi beramallah di sana.” – Hasan al Bashri

“Dan demikianlah rahasia dunia ini. Jika engkau membuang cinta dunia dari hatimu, dunia akan tersedia untuk engkau ambil. Engkau bisa memiliki dunia karena ia berada di tanganmu dan bukan di dalam hatimu.” – Hamzah Yusuf

“Setiap dan semua bagian dari dunia ini adalah perangkap bagi yang jahil dan perangkat kebahagiaan bagi yang bijak.” – Rumi

“Ketika cinta atas dunia memasuki hati, takut akan Akhirat akan keluar darinya. Berhati-hatilah dengan godaan dunia, karena tidak seorang hambapun yang membuka sebuah pintu dunia ini tanpa tertutupnya beberapa pintu Akhirat baginya.” Hasan al Bashri

“Jika saja dunia ini dijual di pasar, aku tak akan membelinya seharga sepotong roti karena semua permasalahan yang dimilikinya.” – Imam asy Syafi’i

Pada intinya Hidup adalah untuk menguji apakah seorang manusia bersyukur atau kufur kepada Allah SWT.Allah berfirman dalam QS Al Mulk [67] : 2 yang terjemahnya, ” (ALLAH) yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun. ”


6 comments:

Annur Shah said...

aku follow ukht, mumtaz . Mari kita kenali hidup kita. Aku selalu suka baca terjemahan ayat2 Allah, Allah SWT menjanjikan surga dan sangat jelas bagi merka yg hidupnya mencintai negeri akhirat.

perumpaannya banyak ternyta ukht.. Masya Allah...

shishi said...

Syukron ukht.. aku juga baru tahu klo perumpamaan makna hidup itu banyak... ahhh sampai cari ke blog liberal segala hahhaha... Ayo kita belajar lebih giat!!!

Ave Ry said...

Hidup adalah permainan... Lengah kau kalah, Bertahan kau menang

Hidup adalah penantian... Berhenti kau tersingkir, Melaju kau berhasil

Hidup adalah kegaiban... Ingkar kau tersesat, Percaya kau terberkati

Hidup adalah DIA... Tentang DIA yang Ghaib, menanti dalam permainan, berada di barisan manakan kita? yang fana...

shishi said...

mantapppp... ry!?
maju terus pantang mundur

arlicious said...

blum sempet baca isinya, cuma ngelirik viewernya bisa 1k lebih gitu untuk blog yang terbilang masih baru.. :D

shishi said...

Hehehehe Alhamdulillah ly... sesuatu banget ya....
follow dong